Monday 3 July 2017

CHEKLIST SENAM HAMIL


A
Persiapan Alat
1
Matras/Kasur
2
Bantal
3
Leaflet
B
SIKAP DAN PERILAKU
4
Menyambut klien dengan sopan dan ramah
5
Memperkenalkan diri pada klien
6
Menjelaskan prosedur yang akan dilakukan dan memposisikan pasien dengan tepat
7
Merespon terhadap reaksi klien dengan cepat
8
Menjaga privacy
C
CONTENT
   9
Teruji mendekatkan alat
   10
Menjelaskan pengertian senam hamil
   11
Menjelaskan manfaat senam hamil
   12
Menjelaskan tujuan senam hamil
   13
Teruji memposisikan pasien
   14
Duduk Bersila (Lakukan gerakan pemanasan dengan menggerakkan kepala menengok ke kanan dan ke kiri, miring ke kanan dan ke kiri, sesudah itu tundukkan kepala dan angkat kepala sambil menarik nafas kemudian menghembuskannya. Lakukan gerakan 8x.)
15
Memutar lengan dan mengencangkan payudara (Letakkan jari-jari tangan dibahu. Meletakkan  dua lengan menjepit kedua payudara dan mengangkat keatas dengan kedua siku tersebut. Lakukan gerakan ini dengan memutar lengan , lepas perlahan-lahan kemudian lanjutkan dengan mengangkat kedua siku keatas dan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan 8x.)
16
Gerakan Relaksasi (Posisi tidur miring kekanan dengan kepala ditopang tangan atau bantal. Kaki bawah lurus, kaki atas ditekuk, tarik nafas dan hembuskan lewat mulut. Lakukan gerakan dengan mengangkat kaki atas setinggi pinggul, kemudian turunkan. Lanjutkan dengan mengangkat kaki atas, tekuk ke arah perut dengan kaki bawah sejajar, luruskan dan kembali ke posisi semula. Ulangi semua dengan posisi miring ke kiri, masing-masing 8x.
17
Gerakan Kaki dan mengayuh (Posisi tubuh terlentang, kedua kaki lurus. Tekanlah jari-jari lurus ke bawah dan tekuk ke atas kembali. Putar pergelangan kaki dari arah kanan ke kiri dan sebaliknya. Lanjutkan gerakan dengan kaki seolah-olah mengayuh sepeda dengan kedua tangan di sisi samping untuk menahan. Lakukan gerakan 8x.)
18
Mengangkat Panggul (Posisi tidur terlentang dengan kedua kaki ditekuk. Kedua tangan diletakkan di samping untuk menahan badan. Tarik nafas, tahan sambil mengencangkan otot panggul, tahan beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula sambil menghembuskan nafas. Lakukan gerakan 8x.)
19
Latihan membran (Posisi tidur terlentang dan merangkul kedua paha dengan lengan sampai siku, sambil menarik nafas angkat kepala, pandangan ke perut, lalu hembuskan nafas. Lanjutkan dengan meemgang pergelangan kaki. Lakukan 8x
20
Melenturkan Punggung (Posisi seperti merangkak, bahu sejajar dengan kedua lengan dibuka sejajar, dengan membuka kaki angkat punggung dan tundukkan kepala sambil menarik nafas, tahan beberapa detik kemudian kembali ke posisi semula, pada posisi kembali otot punggung rileks. Ulangi gerakan 8x)
21
Gerakan anti sungsang (Dengan posisi menungging tangan rileks disamping tubuh dan kedua kaki terbuka, ditekuk sejajar bahu letakkan kepala diantara kedua tangan. Turunkan dada perlahan-lahan sampai menyentuh kasur. Kepala menoleh ke samping (kiri atau kanan) letakkan siku diatas kasur, geser sejauh mungkin dari tubuh kesamping. Pertahankan gerakan selama ± 5 – 10 menit atau sesuai dengan kemampuan ibu.)
22
Membereskan alat dan mencuci tangan

No comments:

Post a Comment