Saturday 22 March 2014

laporan pertumbuhan cabe



PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
TUMBUHAN CABE

A.   Landasan Teori
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua aktifitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan, karena prosesnya berjalan bersamaan. Pertumbuhan diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible, atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Sedangkan perkembangan adalah peristiwa perubahan biologis menuju kedewasaanm tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis) dan tingkat kedewasaan. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yaitu faktor internal (dalam) meliputi gen dan hormon, dan faktor eksternal (luar) meliputi air, cahaya, kelembapan, makanan, dan suhu. Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dimulai dengan perkecambahan biji, kemudian kecambah berkembang menjadi tumbuhan kecil yang sempurna, kemudian tumbuh membesar. Perkecambahan adalah munculnya plantula ( tanaman kecil dari dalam biji ). Perkecambahan melibatkan dua Proses :
1.      Proses fisika
Proses fisika ketika biji menyerap air (imbibisi ) akibat dari potensial air rendah pada biji yang kering.
2.      Dengan masuknya air, biji mengembang dan kulit akan pecah. Air yang masuk mengaktifkan embrio untuk melepas hormone giberilin. Hormon ini yang mendorong aleuron ( lapisan tipis bagian luar endosperma ) untuk mensintesis dan mengeluarkan enzim amilase. Enzim ini selanjutnya digunakan dalam pertumbuhan dan perkembangan embrio. Proses pada tahap ini disebut dengan proses kimia.
Cabe termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabai banyak mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.

B.   Tujuan

Mengamati pertumbuhan dan perkembangan pada cabe.

C.   Variabel

Variabel bebas    : intensitas cahaya matahari
Variabel kontrol : media tanam, wadah/pot, volume air, biji
tomat.
Variabel terikat   : tinggi tanaman cabe
, warna daun, dan kokohnya batang.







D.   Alat dan Bahan

1.      Pot
2.      Tanah
3.      Air
4.      Pisau
5.      Buah cabe

E.   Cara Kerja

1.      Membelah buah cabe dengan pisau lalu mengeluarkan bijinya.
2.      Mrngeringkan biji cabe hingga kering.
3.      Mengisi pot dengan tanah.
4.      Menyebar biji cabe yang kering pada pot lalu menyiramnya dengan air.
5.      Menyiram pot setiap hari pada waktu pagi dan sore.

F.    Hasil Pengamatan

Waktu
Keterangan
Tanggal 2 september 2012
Menyebarkan biji cabe




Tanggal 4 september 2012
Tanaman cabe mulai berkecambah









Tanggal 3 januari 2013
Tanaman cabe mulai berbunga




Tanggal 14 januari 2013
Tanaman cabe berbuah





G.  Analisis Data
Berdasarkan hasil pengamatan, pertumbuhan dan perkembangan cabe dimulai ketika cabe mulai berkecambah. Pada saat berkecambah ternyata kotiledon pada cabe ikut terangkat keatas karena perkecambahan pada cabe termasuk perkecambahan epigeal. Setelah itu tumbuhan cabe mulai tumbuh semakin membesar. Tumbuhan cabe yang di tanam cukup subur, daunnya berwarna hijau dan tidak keriting, serta batangnya kokoh karena tumbuhan cabe tersebut diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup dan selalu disiram dengan air. Namun karena ditanam didalam pot, tinggi cabe agak pendek dan sebelumnya batangnya sudah pernah patah. Setelah kira-kira 3 bulan lamanya dari masa tanam, akhirnya mulai muncul bunga tetapi bunga tersebut tidak bertahan lama karena tiba-tiba bunganya rontok. Tapi setelah itu tumbuhan cabe mulai berbunga lagi dengan jumlah bunga yang lebih banyak dari pada sebelumnya. Setelah bunganya menghilang, kemudian munculah buah cabe.

H.  Kesimpulan

1.      Pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe dimulai dengan perkecambahan biji.
2.      Perkecambahan pada biji cabe termasuk perkecambahan epigeal.
3.      Tanaman cabe termasuk tumbuhan semusim/ tahunan (annual).

No comments:

Post a Comment