Proposal Kewirausahaan Laundry
“SiHappy”
I.
Ringkasan
Eksekutif
Usaha yang akan kami dirikan adalah usaha di bidang
jasa yang menawarkan jasa mencuci pakaian/Laundry. Usaha laundry merupakan
salah satu bentuk usaha yang cukup menjanjikan. Di era serba cepat kebutuhan
manusia akan waktu sangat diperlukan keefektifan kita mengelola dan memanejemen
semua aktivitas rumah tangga membuat masyarakat ingin serba praktis, misalnya
aktivitas sehari-hari seperti mencuci baju, tidak semua menyempatkan diri untuk
mencuci.
Usaha laundry ini akan kami beri nama “ Laundry
SiHappy” dengan slogannya “ Tak ada yang sebersih, seharum dan serapi kami”.
Alasan kami dalam memilih usaha jasa laundry, kami dasarkan atas pertimbangan
sebagai berikut:
1. Memanfaatkan
gaya hidup malas mencuci.
2. Perubahan
gaya hidup dan tuntutan kesibukan, tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian,
dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan.
3. Kondisi
cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor,
bahkan dimusim penghujan, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor
mereka ke laundry.
4. Trend mencuci di laundry sudah
menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.
Usaha laundry
kami ini terletak di Jln. Jakenan-Jaken, No. Telfon 085224958523. Laundry
kami berada di daerah pedesaan karena didaerah kota sudah banyak berdiri usaha
laundry dan sudah banyak keluarga yang memiliki mesin cuci sendiri. Sedangkan
di daerah pedesaan masih jarang yang memiliki mesin cuci. Strategi yang akan kami pakai adalah strategi
kepemimpinan biaya dan strategi diferensiasi. Kami yakin strategi ini adalah
yang paling tepat dan dapat mengantarkan kami menuju kesuksesan. Dalam hal
pengalaman baik manajemen maupun teknis, kami mungkin masih kalah dengan usaha
laundry lain, tapi kami akan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
Untuk mengenalkan jasa laundry kami, kami
menggunakan beberapa strategi dalam pemasarannya yaitu melalui penyampaian
informasi ke teman-teman, membuat selebaran brosur, dan memasang papan di
tempat usaha.
Loundry SiHappy ini merupakan bisnis pertama kami. Kami
berlima akan merintis usaha ini bersama-sama, sehingga untuk pembiayaan modal
awal, kami menginvestasikan dana pribadi untuk pembelian mesin cuci,
perlengkapan laundry, penyewaan, dll.
a. Produk
dan Jasa Perusahaan
·
Deskripsi
Produk
yang akan dihasilkan adalah jasa laundry. Pencucian pakaian dilakukan dengan
proses sebagai berikut:
-
Pakaian kotor dipilah dan dikelompokkan
sesuai dengan pemiliknya.
-
Pakaian dibungkus dan ditimbang
beratnya.
-
Pakaian dicuci dengan menggunakan mesin
pencuci pakaian.
-
Setelah pakaian dicuci bersih, pakaian
dikeringkan.
-
Setelah pakaian kering, pakaian kemudian
disetrika.
-
Pakaian yang telah rapih dikemas dan
siap dikembalikan ke pelanggan.
·
Ciri-ciri produk dan jasa
Usaha
kami adalah usaha laundry atau pencucian. Sehingga hasilnya adalah cucian bersih, wangi, rapih, licin dan siap
pakai.
·
Manfaat untuk pelanggan
Dengan
adanya laundry kami, akan mempermudah pekerjaan masyarakat dalam mencuci
pakaian.
·
Jaminan
Kami
menjamin hasil laundry ditempat kami terjamin kualitasnya dan sesuai dengan
slogan kami yaitu bersih, harum dan rapi. Sebagai wirausaha yang mengenyam
pendidikan, kami tentu tidak akan membiarkan usaha ini menurun pelayanannya
kepada para pelanggan. Kami akan terus mengembangkan dan memperbaiki pelayanan
dan kualitas, hal itu akan terus dinomor satukan di usaha laundry kami.
·
Keunikan
Pada
umumnya usaha laundry selalu memakai pewangi yang sama untuk berbagai baju
pelanggan, tapi kami berbeda. Kami mencoba membuat gebrakan atau inovasi
terbaru dengan memberikan kesempatan konsumen untuk memilih pewangi pakaian
sesuai keinginannya. Karena kami tahu tidak semua orang menyukai pewangi yang
sama antara satu orang dengan yang lain.
b. Perlindungan
hak paten atau merek dagang
Usaha ini dilindungi oleh hak milik dalam bentuk
kemitraan usaha dimana seluruh mitra bertanggung jawab penuh dalam menjalankan
usaha ini. Merek dagang kami berupa logo “Laundry Si Happy” yang kami tempelkan
pada plastik laundryan.
c. Uraian
mengenai proses produksi
·
Bahan baku
Usaha
kami bergerak dibidang jasa pencucian baju. sehingga bahan baku usaha kami
adalah
-
Peralatan: mesin cuci, setrika, hanger,
meja, rak,dll.
-
bahan : deterjen, pewangi, plastik, dll.
·
Biaya
Dalam
usaha ini kami mematok harga yang terjangkau yaitu Rp 2500/kg.
·
Pemasok utama
Dalam
usaha ini kami masih baru dan belum memiliki pemasok. Kami masih mencari tempat
pembelian perlengkapan laundry yang murah dan berkualitas untuk diajak bekerjasama.
d. Penawaran
produk dan jasa dimasa yang akan datang
Selain menyediakan jasa laundry kami juga akan
menyediakan jasa perbaikan baju seperti permak baju.
II.
Pernyataaan
Visi dan Misi
a. Visi
Menjadi laundry yang terbaik dengan
jumlah pelangggan yang banyak
Misi
-
Memberikan pelayanan yang memuaskan dan
tepat waktu.
-
Meningkatkan kualitas pelayanan dan
meningkatkan fasilitas yang menunjang kualitas pelayanan
b. Nilai-nilai
dan prinsip apa yang dianut perusahaan
Kami akan menjalankan usaha ini
berdasarkan prinsip dasar pelayanan, yaitu pelanggan adalah raja. Kami
berkomitmen untuk melayani pelanggan dengan pelayanan berkualitas dan hasil
yang berkualitas serta tepat waktu.
c. Keunggulan
1. Tidak
seperti laundry lainnya, kami mempersilahkan konsumen untuk memilih pewangi
sesuai keinginannya.
2. Kami
menawarkan jasa layanan pick up & delivery gratis
3. Cucian
hilang dan atau rusak akibat dari pihak laundry atau akibat proses cuci maka
akan kami ganti.
4. Kami
mempunyai program “Member Card” dimana program ini dikhususkan untuk pelanggan
tetap kami dengan memberikan souvenir gratis setiap akhir tahun berupa kalender
maupun aksesoris lainnya.
III.
Profil
Bisnis dan Industri
a. Analisis
Industri
Seiring makin terkenalnya
usaha laundry di masyarakat, telah banyak berdiri usaha-usaha laundry yang
menyediakan jasa dengan harga dan kualitas yang berbeda. Laundry sudah bukan
lagi kalimat asing ditelinga masyarakat, seiring dengan perkembangan jaman dan
teknologi banyak mayarakat yang memanfaatkan jasa laundry untuk mempermudah
pekerjaan mereka dalam mencuci pakaian.
Sehubungan
dengan adanya usaha ini kami berniat untuk membangun usaha laundry kami
sendiri. Dengan adanya usaha laundry ini kami harap dapat meringankan pekerjaan
masyarakat dalam mencuci baju. Menurut pandangan kami usaha ini akan mencapai
kesuksesan dan maju.
1. Latar
belakang dan tinjauan industri
Kami memilih industri dibidang jasa laundry karena
di daerah jakenan masih jarang terdapat usaha laundry dan masih banyak yang
belum memiliki mesin cuci. Selain itu, banyak ibu yang sibuk bekerja sebagai
pedagang, & buruh pabrik. Mereka pergi pagi dan pulang sore sehingga mereka
lelah jika harus mencuci. Sedangkan para petani, ada kadang kalanya mereka juga
memakai jasa laundry saat musim penghujan karena pakaian tidak kering.
2. Tren
yang penting
Trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari
gaya hidup masyarakat. Pada zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang
yang malas mencuci dan memilih untuk melaundry pakaian mereka.
3. Tingkat
pertumbuhan
Perkembangan usaha laundry kian pesat dalam beberapa
tahun ini. Bisnis ini banyak menjadi pilihan untuk berinvestasi. Banyak orang
beranggapan bisnis laundry adalah bisnis yang menjanjikan keuntungan yang cepat.
Hal ini banyak disetujui oleh para pengusaha yang telah menggeluti bisnis
laundry. Maka tidak mengherankan jika dengan mudahnya dapat kita jumpai layanan
jasa laundry ini.
4. Faktor
kunci kesuksesan dalam industri
a) Lokasi
Hal terpenting pada persiapan setiap usaha adalah
memilih lokasi yang strategis dan mudah dicari, begitu pula pada usaha laundry.
Untuk itu kami memilih lokasi usaha laundry kami dipinggir jalan. Selain itu,
kami juga memilih tempat yang menyediakan lahan parkir untuk keleluasaan
konsumen dalam memarkirkan kendaraannya, bagi pelanggan yang mengantarkan
pakaiannya sendiri.
b) Relasi
yang baik dengan pelanggan.
Dengan bersikap ramah terhadap pelanggan, akan
menciptakan relasi yang baik dengan para pelanggan. Kesan pertama merupakan hal
yang tak terlupakan sehingga kami akan membuat pelanggan merasa terkesan dan
senang atas pelayanan yang kami berikan sehingga akan datang lagi. Dan kami
akan berusaha konsisten dalam memberikan pelayanan sehingga pelanggan tidak
merasa kecewa.
c) Harga
Harga
yang terjangkau, tidak terlalu mahal sangat diminati masyarakat. Sehingga kami
menetapkan harga laundry kami dengan harga yang terjangkau sehingga dapat dijangkau
seluruh lapisan masyarakat.
d) Kualitas
Salah satu kunci untuk memperoleh pelanggan
banyak adalah kualitas. Kami akan
memberikan pelayanan laundry yang berkualitas seperti slogan kami yaitu “ Tak ada yang sebersih, seharum dan
serapi kami”. Selain itu kami akan selalu melakukan inovasi-inovasi dalam
mengembangkan usaha, memberikan pelayanan pick up dan delivery kepada
pelanggan, dan program member card sehingga pelanggan merasa antusias dan puas
terhadap pelayanan laundry kami.
b. Pandangan
untuk tahap-tahap pertumbuhan dimasa depan
Kami berharap
usaha kami ini akan berjalan dengan baik dan sukses. Kami berharap dapat
mendirikan cabang usaha laundry kami ditempat strategis lainnya
c. Sasaran
dan tujuan perusahaan
Sasaran kami
adalah semua masyarakat seperti ibu rumah tangga, anak kos-kosan, pelajar/mahasiswa,
dll. Ibu rumah tangga yang sibuk bekerja sehingga tidak punya waktu untuk
mencuci. Anak kos-kosan yang malas untuk mencuci, dll.
IV.
Strategi
Bisnis
a. Citra
dan posisi yang diinginkan dalam pasar
Usaha kami ini
mengambil atau menganut citra nilai karena pelanggan mengutamakan nilai jasa
yang kami berikan sesuai dengan apa yang telah mereka belanjakan. Kami
ingin menciptakan image usaha kami di
benak konsumen sebagai tempat usaha laundry yang berkualitas dengan harga yang
pas, dan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Kami akan berusaha untuk selalu menjaga
citra baik usaha kami. Selalu mengutamakan kualitas kepada pelanggan dan tepat
waktu dalam menyelesaikan laundry kepada para pelanggan.
b. Analisis
SWOT
1. Strengths
(kekuatan)
-
Harganya
yang terjangkau.
Kami menawarkan jasa loundry kami
dengan harga yang terjangkau agar semua masyarakat dapat meloundrykan bajunya
ke kami.
-
Pelayanan
yang baik.
Kami akan berusaha memberikan
pelayanan yang baik agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan di tempat
loundry kami.
-
Tempat
yang strategis dan mudah dicari
Usaha loundry kami
terletak di pinggir jalan sehingga mudah dicari.
-
Tempat
yang nyaman.
Tempat
usaha kami selalu dijaga kebersihannya dan pengaturan ruangan yang tertata rapi
sehinggatidak terlihat berantakan dan kotor.
2. Weaknesses
(kelemahan)
-
Masih
baru dalam mendirikan usaha.
Usaha loundry kami ini masih baru
berdiri sehingga belum banyak dikenal masyarakat.
-
Kurangnya
pengalaman
Usaha ini merupakan bisnis pertama
kami sehingga kami masih kurang berpengalaman dalam mengelolanya.
3. Opportunities
(peluang)
-
Ibu sibuk bekerja
Adanya
ibu yang sibuk bekerja dan tidak punya waktu untuk mencuci sehingga memilih
untuk meloundrykan baju.
-
Limpahan order dari Puskesmas ataupun
Tempat Bersalin lainnya
Adanya
puskesmas rawat inap dimana keluarga pasien lebih memilih meloundry pakaian
karena tidak punya waktu untuk mencuci selama di puskesmas rawat inap. Serta
adanya orderan dari puskesmas untuk menyelesaikan linen mereka.
4. Threats
(ancaman)
-
Pesaing
lama
Selain usaha kami, terdapat usaha
loundry lain yang lebih dulu berdiri dan sudah cukup dikenal masyarakat.
-
Pesaing
baru
Usaha
ini banyak ditemui
sehingga kemungkinan akan muncul pesaing baru.
-
Persepsi negatif masyarakat terhadap
kualitas laundry harian misal:
Takut
warna memudar kalau dicuci laundry setiap
hari, takut tidak bersih karena hanya berputar-putar dimesin cuci atau
takut masih najis, juga mahal harganya.
c. Strategi
kompetitif
Strategi bisnis
yang kami gunakan adalah penggabungan antara strategi kepemimpinan biaya dan
strategi diferensiasi. Kami menetapkan harga laundry kami dengan harga yang terjangkau
dibandingkan usaha laundry yang lain. Selain itu kami juga memberikan pelayanan
berbeda dengan memperbolehkan pelanggan untuk memilih pewangi yang disukai.
V.
Strategi
Pemasaran
a. Target
pasar
Harga setiap Kg
pakaian kami beri harga Rp. 2.500,00. Target usaha tiap hari 40 kg, atau 1200
kg per bulan. Kemungkinan semakin lama nanti akan lebih banyak lagi jumlah
pakaian yang dilaundry ditempat kami.
b. Motivasi
pelanggan untuk membeli
Pelanggan
memiliki motivasi untuk memakai jasa laundry SiHappy karena harganya terjangkau
dan kualitasnya baik selain itu pelanggan boleh memilih pewangi yang digunakan.
c. Ukuran
pasar
Wilayah pemasaran
yang kami pilih adalah didaerah Jakenan. Meskipun Jakenan terletak didaerah pedesaan
namun kami yakin banyak orang yang akan membutuhkan jasa laundry kami. Apalagi
sewa tempat di daerah ini jauh lebih murah dibandingkan diperkotaan serta
disini masih jarang yang memiliki mesin cuci sehingga kebanyakan harus
menggunakan tangan untuk mencuci. Kami akan hadir sebagai sarana yang dapat
mempermudah kebutuhan sehari-hari masyarakat. Kemungkinan apabila kelak usaha
ini dapat berkembang dengan pesat, kami berniat untuk melebarkan sayap di
lokasi-lokasi strategis lainnya.
d. Periklanan
dan promosi
Promosi
penjualan jasa yang kami lakukan adalah
penyebaran brosur, promosi dari mulut ke mulut, dan penekanan pada
pendekatan perorangan serta dengan cara memasang papan nama didepan lokasi laundry.
e. Penetapan
harga
Penentuan harga
dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga
pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (hasil laundry dan kepuasan
konsumen), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan
dengan pesaing. Kami menetapkan harga perKg pakaian Rp 2500.
f. Strategi
distribusi
1. Saluran
distribusi yang digunakan
Saluran distribusi penjualan jasa yang digunakan
oleh usaha kami yaitu layanan pick up dan delivery. Kami mengambil baju kotor
sambil membawa contoh pewangi yang akan dipilih konsumen dan setelah hasil laundryan
selesai, kami akan mengantarkannya lagi ke pelanggan.
2. Teknik
dan insentif penjualan
Teknik
penjualan Jasa:
1) Keramahan
dan kesabaran terhadap pelanggan
2) Tempat
yang nyaman.
3) Pelayanan
yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas).
4) Menggunakan
detergen yang tidak menimbulkan kerusakan warna atau bahan pakaian.
5) Layanan
antar jemput.
g. Analisis
Pesaing
Dengan
menggunakan faktor keberhasilan utama dalam pendirian usaha jasa yaitu lokasi,
loyalitas pelanggan, harga, dan kualitas, kami dapat menganalisis cara usaha
agar mampu bersaing dengan para pesaing.
Matriks profil persaingan
Faktor
Kesuksesan Utama
|
Bobot
|
Londry SiHappy
|
Loundry Mol
|
||
Nilai
|
Nilai Tertimbang
|
Nilai
|
Nilai Tertimbang
|
||
Lokasi
|
0,25
|
4
|
1
|
1
|
0,25
|
Loyalitas
pelanggan
|
0,25
|
1
|
0,25
|
4
|
1
|
Harga
|
0,25
|
4
|
1
|
2
|
0,50
|
Kualitas
|
0,25
|
3
|
0,75
|
2
|
0,50
|
Jumlah
|
1,00
|
3
|
2,25
|
1. Pesaing
Utama
Pesaing
utama kami adalah ibu rumah tangga yang suka mencuci sendiri di sungai ataupun
disumur rumahnya.
2. Pesaing
yang ada
Pesaing kami adalah Laundry Mol. Laundry mol ini sudah
cukup lama berdiri.
·
Kekuatan pesaing
Laundry Mol sudah lebih dulu berdiri sehingga lebih
berpengalaman dan sudah memiliki banyak pelanggan serta sudah dikenal
masyarakat.
·
Kelemahan pesaing
Meskipun Laundry Mol sudah lama berdiri namun tidak
mengembangkan inovasi-inovasi terbaru.
3. Calon
pesaing
Kemungkinan
ada calon pesaing baru yang sedang mengawasi kondisi usaha ini.
VI.
Lokasi
dan Tata Letak
a. Lokasi
1. Analisis
demografis antara lokasi dengan profil pelanggan sasaran
Lokasi
tempat usaha laundry kami terletak di Jln. Jakenan-Jaken. Lokasi usaha laundry
kami cukup strategis karena berada tepat dipinggir jalan.
2. Jumlah
lalu lintas
Lalu
lintas di lokasi usaha kami cukup ramai karena tempat usaha kami berada
disamping jalan. Banyak motor dan mobil yang lewat. Letaknya dekat ibukota
kecamatan Jakenan sekitar 2 km.
3. Tingkat
sewa
Sewa
ditempat usaha kami cukup terjangkau yaitu Rp 500.000/bln.
4. Kebutuhan
dan pasokan tenaga kerja
Laundry
kami masih baru sehingga cukup kami berlima dulu saling bekerjasama dalam
menjalankannya.
5. Tingkat
upah
Keuntunganyang didapat akan kami
bagi rata.
b. Tata
Letak
Laundry Si happy
akan berlokasi di pinggir jalan Jakenan-Jaken yang cukup ramai dilewati
kendaraan dan dekat dengan pemukinan penduduk serta terdapat beberapa toko yang
menjual berbagai kebutuhan rumah tangga. Di lokasi tersebut terdapat bangunan
berukuran 4x5m yang siap disewakan. Kami berencana mengatur ruang tempat usaha
kami sebagai berikut:
-
Ruang penerimaan pelanggan sekaligus
ruang tunggu
-
Ruang pencucian
-
Ruang pengeringan
-
Ruang setrika atau pengemasan
-
Ruang administrasi
VII.
Rencana
Operasi
a. Bentuk
kepemilikan yang akan dipilih
Bentuk kepemilikan usaha laundry kami menganut
sistem firma. Kami mendirikan laundry ini dengan kepemilikan dari beberapa
orang/lebih dari 2 orang. Keaktifan para mitra saling melengkapi dan pembagian
keuntungan juga sama rata.
b.
Struktur
perusahaan (bagan organisasi)
c. Kewenangan
pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan akan diambil secara
bersama-sama melalui musyawarah.
d. Paket
kompensasi dan tunjangan
Kompensasi adalah pengaturan pemberian balas jasa
bagi karyawan, untuk mendayagunakan karyawan secara efektif guna mendorong
peningkatan produktivitas kerja. Kami akan memberikan kompensasi berupa gaji
yang diberikan setiap bulan. Sedangkan untuk tunjangan, kami memberikan
tunjangan kesehatan. Sehingga jika ada kecelakaan kerja, tunjangan tersebut
dapat digunakan.
VIII.
Perkiraan
Keuangan / Proposal pinjaman atau investasi
a. Jumlah
dana yang diajukan
Jumlah dana yang diajukan Rp
20.000.000.
b. Sumbernya
Sumber dana kami berasal dari iuran
kami berlima masing-masing sebesar Rp 4.000.000.
c. Tujuan
dan penggunaan dana
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
|
Harga
satuan
|
Total Harga
|
1.
|
Mesin
cuci
|
3
buah
|
Rp
2.000.000
|
Rp
6.000.000
|
2.
|
Setrika
|
3
buah
|
Rp
150.000
|
Rp
450.000
|
3.
|
Timbangan
|
2
buah
|
Rp
250.000
|
Rp
500.000
|
4.
|
Keranjang
|
10
buah
|
Rp
25.000
|
Rp
250.000
|
5.
|
Hanger
|
5pak
|
Rp
10.000
|
Rp
50.000
|
6.
|
Meja
|
3
buah
|
Rp
400.000
|
Rp
1.200.000
|
7.
|
Spanduk
|
Rp
200.000
|
||
8.
|
Rak
pakaian
|
Rp
1.000.000
|
||
9.
|
Tali
tambang 10m
|
10
|
Rp.
10.000
|
Rp
100.000
|
Total
|
Rp.
9.750.000
|
No
|
Nama Barang
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
|
Total Harga
|
1.
|
Detergen
|
10 Kg
|
40.000
|
Rp 400.000
|
2.
|
Softener
|
2 kg
|
25.000
|
Rp 50.000
|
3.
|
Pewangi 5
jenis
|
5 botol
|
20.000
|
Rp 100.000
|
4.
|
Plastic
|
Rp 100.000
|
||
5.
|
Plester
|
Rp 10.000
|
||
6.
|
Label
|
Rp 50.000
|
||
7.
|
Alat tulis
|
Rp 20.000
|
||
8.
|
Tas kresek
|
10 pak
|
5000
|
Rp 50.000
|
9.
|
Transportasi
|
Rp 500.000
|
||
10.
|
Sewa tempat
|
Rp 500.000
|
||
11
|
Listrik
|
Rp 200.000
|
||
12
|
PAM
|
Rp 200.000
|
||
13.
|
Lain-lain
|
Rp 8.070.000
|
||
Total
|
Rp 10.250.000
|
d. Analisis
Impas
Bulan
|
Modal awal
|
Biaya
operasional bulanan
|
Biaya
marketing
|
Omzet perbulan
|
Poyeksi
keuntungan & BEP
|
0
|
9.750.000
|
3.000.000
|
1.000.000
|
0
|
-13.750.000
|
1
|
9.750.000
|
2.000.000
|
-
|
2.000.000
|
-13.750.000
|
2
|
9.750.000
|
2.000.000
|
-
|
3.000.000
|
-12.750.000
|
3
|
9.750.000
|
2.000.000
|
-
|
5.000.000
|
-9750.000
|
4
|
9.750.000
|
1.800.000
|
-
|
4.500.000
|
-7.050.000
|
5
|
9.750.000
|
2.000.000
|
-
|
4.000.000
|
-5.050.000
|
6
|
9.750.000
|
1.800.000
|
-
|
4.000.000
|
-2.850.000
|
7
|
9.750.000
|
2.000.000
|
-
|
3.000.000
|
-1.850.000
|
8
|
9.750.000
|
2.000.000
|
-
|
4.000.000
|
150.000
|
9
|
9.750.000
|
2.000.000
|
-
|
3.000.000
|
1.000.000
|
10
|
9.750.000
|
2.000.000
|
-
|
3.500.000
|
1.500.000
|
e. Jadwal
pengembalian keuntungan
Break Event Point (BEP) jatuh antara
pertengahan bulan ke 7 menuju bulan Ke-8.
f. Jadwal
menerapkan rencana dan meluncurkan perusahaan
Kami berencana akan menjalankan bisnis ini pada
tahun 2016 karena pada tahun 2015 ini kami masih mengumpulkan dana.
mba atau mas nya, saya izin copy buat tugas saya ya...
ReplyDeleteSalam sukses dari kami
ReplyDeleteuntuk anda yang membutuhkan mesin pengering,
setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan
menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami
ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos
Pengering
izin copy mbak ,mas
ReplyDeleteterimakaish informasinya Kak, sangat bermanfaat...
ReplyDeleteSoftware Kasir Laundry Gratis
izin copy ya mas/mbk buat tugas saya
ReplyDelete